Apa Itu VPN dan Apa Kegunaannya?

Tahukah kalian?

Sebelum membahas Apa Itu VPN dan Apa Kegunaannya. Kalian harus tau terlebih dahulu apa yang sedang terjadi di dunia Media Sosial ini. Apa kalian tahu bahwa ketika kalian mengakses internet informasi kalian dapat diketahui oleh semua orang dan terkhususnya hacker. Saat kalian browsing internet, melihat IG, atau mendownload gambar” dari google kalian mengekspos sebagian dari informasi pribadi kalian.

Contohnya seperti Nama Panjang kalian alamat, email, nomor telepon, dan bahkan nomor kartu kredit kalian. Meskipun aplikasi atau website yang kalian pakai menjamin keamanan kalian. Tetapi terkadang ada third party apps (aplikasi atau pihak ke-3) yang dapat mengakses data kalian. Mereka melakukan ini dengan cara menumpang di aplikasi atau website yang kalian gunakan.

Oleh karena itu internet merupakan dunia yang bahaya karena informasi sangatlah rawan untuk dicuri orang lain.

Kalian selalu dimata-matai

Kalian selalu dimata-matai

Pernahkan kalian merasakan ketika lagi browsing internet. Dan ketika mencari info tentang suatu topik. Tidak lama kemudian di website-website lain muncul iklan yang sangat berhubungan dengan apa yang kalian cari.

Misalkan kalian lagi mencari topik tentang gadget baru seperti iPhone. Kemudian tidak lama kalian mendapati bahwa disekitar website yang kalian buka muncul banyak sekali iklan. Tapi anehnya, kenapa iklan tersebut sangat berhubungan dengan iPhone yang kalian cari. Atau bahkan ada promo-promo yang menarik tentang produk itu.

Kalau tidak percaya kalian boleh coba sendiri. Coba search di google tentang suatu topik yang tertentu. Tunggu sebentar, nanti iklan-iklan di website yang kalian kunjungi akan sesuai topik kalian semua.

Penasaran Kenapa Bisa Begitu?

Hal ini bias terjadi karena di setiap smartphone atau laptop kalian ada yang Namanya IP addres.

IP ini berfungsi seperti alamat gadget yang kalian miliki (setiap gadget memiliki IP yang berbeda). Ketika kalian browsing internet. Website yang kalian bisa tahu info tentang siapa saja yang mengunjungi websitenya. Dalam kata lain mereka tau IP kalian dan apa saja yang kalian cari atau download.

Kemungkinan terbaik, mereka hanya menggunakan IP kalian untuk riset dan mengembangkan website mereka. Namun sering kali mereka dapat menjual data kalian ke perusahaan iklan agar mereka bisa memberikan iklan yang spesifik kepada kalian.

Karena ketika iklan tersebut sangat spesifik dengan apa yang kalian cari. Maka kalian kemungkinan besar juga mengclick iklan tersebut dan mungkin tergoda untuk membeli apa yang diiklankan.

Mungkin jika kalian baru tahu akan hal ini. Kalian akan terkejut dan mulai berpikir Internet adalah dunia yang menakutkan dan bahaya. Karena sudah tidak ada privasi lagi di dunia Internet. Semua dapat dijual dan dijadikan uang. Namun semua hal ini dapat dicegah dengan apa yang Namanya VPN.

At the end of day, the goals are simple: Safe and Security

Jodi Rell

Apa VPN Itu dan Apa Kegunaannya?

Apa Itu VPN Secara Singkat

Apa VPN Itu

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network.

Kita dapat secara mudah mendesripsikan VPN ini sebagai perantara antara consumer dengan ISP (Internet Service Provider).

Ketika kita mau mengakses internet tentu kita butuh ISP yaitu mungkin Telkomsel, XL, Indosat dll. Mereka yang menyediakan internet bagi kita. Namun IP kita dapat diketahui oleh ISP kita atau juga dengan siapapun di Internet.

VPN membantu kita untuk antara mengubah IP kita atau menyembunyikan IP kita.

Cara Kerja VPN

Setelah tahu Apa Itu VPN saya kita harus tahu cara kerjanya. VPN secara singkat beroperasi dengan menyambungkan pengguna internet dengan apa yang mereka cari. Tetapi melalui jalur yang dibuat sendiri oleh pembuat VPN.

Misalnya, kalian ingin mengakses youtube dan kalian tidak menggunakan VPN, jalur yang kalian ambil untuk mencapai/terkoneksi dengan youtube tidaklah aman. Karena jalur itu jalur umum yang dilalui semua orang untuk terkoneksi ke YouTube. Dan banyak hacker atau third party apps yang bisa mengakses informasi kalian ketika kalian ada/ melewati jalur tersebut.

Namun jika kalian menggunakan VPN, kalian disambungkan dengan youtube melalui jalur yang aman. Yang disediakan dan dibuat sendiri oleh VPN yang anda gunakan.

Dan jalur ini jauh lebih aman daripada jalur yang biasa kita gunakan.

Ketika kalian menggunakan jalur VPN jalur tersebut sangatlah rumit. Mereka bahkan juga bisa membuat IP anda terlihat seperti kalian berada di negara lain. Meskipun kenyataannya kalian masih berada di Indonesia.

Apa Kegunaanya?

Ini semua demi menjaga keamanan dan privasi kalian agar lokasi dan data pribadi anda tidak diakses oleh orang lain.

Dan ketika kita menggunakan VPN. Kita dalam kata lain kita bisa terhubungkan melalui server manapun di dunia. Tergantung server yang disediakan VPN anda.

Ini berarti kita bisa mengakses website yang diblokir karena secara tidak langsung kita mengakses website tersebut dari negara lain. Tapi jangan dimanfaatkan untuk browsing yang aneh-aneh ya.

Kalau Begitu Tidak Selalu Pakai VPN Setiap Saat?

VPN memang terdengar begitu menakjubkan dan aman, namun dimana ada kelebihan pasti juga ada kekurangan.

VPN memang sangat meningkatkan keamanan data pribadi anda. Namun jika kita menggunakan VPN setiap saat, terkadang ada website atau aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan cepat dan mulus.

Ini diakibatkan karena seperti yang kita bahas diatas. VPN mengarahkan anda melalui jalur yang aman. Dan untuk mendapat jalur yang aman, VPN tersebut harus memeriksa dahulu apakah jalur ini aman atau tidak.

Ketika terdeteksi ada ketidakamanan. Kalian langsung dicarikan jalur lain, dan siklus ini berulang terus sampai ditemukan jalur yang aman sampai tujuan.

Proses pencarian inilah yang membuat terkadang membuka situs menggunakan VPN lebih lambat daripada tidak menggunakan VPN. Tapi hal ini kebanyakan terjadi karena kalian menggunakan VPN gratisan.

Kekurangan VPN Gratisan

VPN gratisan memang sangat menarik karena kalian mendapat keamanan sekaligus bisa mengakses website apapun tanpa biaya apapun.

Namun, secara logika kalau perusahaan VPN tersebut membuat VPN gratis mereka makan pakai apa? Dapat uang dari mana?

Sumber Uang Mereka

Sumber Uang Mereka

Dalam banyak kasus, mereka antara mendapat uang dari iklan yang mereka masukkan ke aplikasi VPN mereka. Atau mereka juga menjual data kalian. Dan tanpa kalian sadari kalian menyetujui hal tersebut.

Di saat kalian mencentang tombol setuju dengan syarat dan ketentuan aplikasi mereka. Kalian menyatakan bahwa kalian menyetujui dan memperbolehkan mereka mengambil atau menjual data kalian.

Mereka dengan pintarnya menyembunyikan hal tersebut dalam pernyataan syarat dan ketentuan mereka yang panjangnya tidak masuk akal.

Limit

Ketika kalian menggunakan VPN gratisan, kalian juga biasanya diberi limit. Hanya berapa Gb yang dapat kalian gunakan seperti trial, dan selanjutanya kalian harus membayar.

Atau juga ada VPN yang memang memberi akses gratis. Tapi kecepatannya akan sangat lambat ketika anda menggunakannya melebihi batas trial mereka.

Hati-hati dengan yang memberi kalian akses gratis tanpa limit. Karena mereka mungking memperbolehkan Third-Party Access ke data kita.

Solusi

Oleh karena itu kami menyarankan suatu VPN Namanya Nord VPN.

Apa VPN Itu dan Apa Kegunaannya?

VPN ini sangat teruji keamanannya. Mereka juga menjanjikan dengan pasti bahwa mereka tidak mengumpulkan data apapun yang kalian akses ketika kalian menggunakan VPN mereka.

Mereka juga menggunakan 256-bit AES encryption.

Untuk memberi kalian gambaran apa itu 256- bit encryption.

Anggap saja itu seperti kombinasi angka.

Dan 128-bit saja bisa membuat (340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456) kemungkinan – 39 digits panjangnya.

Bayangkan jika 256-bit. Itu setara dengan 340 miliar-miliar-miliar-miliar kali lebih susah dari 128 bit.

Nord VPN juga merupakan salah satu VPN tercepat yang pernah ada. Mereka juga memiliki 5200 server yang terletak di berbagai belahan bumi.

Baca Juga VPN Terbagus 2020

Kalian juga dapat mencobanya dahulu selama 30 hari gratis dan setelah itu baru memutuskan untuk melanjutakannya atau tidak.

Penutup

Dalam pengalaman saya, kebanyakan orang lebih suka mengambil risiko tidak memiliki perlindungan. Daripada berurusan dengan software keamanan yang membuat frustrasi.

Mereka rela membiarkan data mereka dicuri oleh orang lain. Padahal ada cara untuk mencegahnya.

Melalui artikel ini kami harap kalian dapat pengetahuan baru tentang VPN dan kalian bis secara bijaksana Memanfaatkan teknologi ini 🙂

Baca Juga Kesalahan Terbesar Blogging Pemula

Baca Juga Cara Meningkatkan Pageviews dan Mencapai 1 Juta Pengunjung

Jumlah Post Yang Dibutuhkan Untuk Blog Kalian?

Edukasi > Website

Leave a Reply