Kesalahan Terbesar Blogging Pemula

Pengalaman Blogging Pertama Saya

15 December 2019, Itu adalah hari pertama saya memutuskan untuk memulai membuat blog. Pada saat itu saya mau mencoba membuat blog karena saya ingin mencoba mencari uang secara online. Namun seperti semua pemula saya juga melakukan Kesalahan Terbesar Blogging Pemula. Saya harap kalian tidak melakukan kesalahan yang sama setelah membaca artikel ini.

Kesalahan Terbesar Blogging Bagi Pemula

Hal yang sangat menarik perhatian saya pada waktu itu adalah Affiliate Marketing atau dalam Bahasa Indonesia adalah pemasaran afiliasi. Namun agar terasa lebih keren dan Internasional kita akan menggunakan Affiliate Marketing saja dalam konten kali ini. Mungkin bagi kalian yang belum tahu apa itu Affiliate Marketing bisa baca dahulu tentang Apa Itu Affiliate Marketing.

Secara singkat Affiliate Marketing merupakan system komisi yang kita bisa ikuti dalam berbagai program. Mulai dari produk internasional seperti Apple, Amazon, Wix dan sebagainya. Sampai ke pasar Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainya.

Pada saat itu, saya kebetulan membaca tentang cara-cara mendapat uang melalui internet dan Affiliate marketing adalah salah satu yang sangat menarik perhatian saya.

Affiliate Marketing

Sejak saya melihat bahwa hanya dengan istilahnya menjadi broker di internet, kita bisa memperoleh banyak sekali uang . Namun untuk memulai Affiliate Marketing kita butuh yang Namanya website.

Sebenarnya ada beberapa program afiliasi yang memperbolehkan kita untuk bergabung tanpa memiliki website. Namun sebagian besar perusahaan membuat peraturan bahwa kita harus memiliki website. Atau paling tidak Landing Page/Funnel untuk bisa bergabung di program afiliasi mereka. Ini dikarenakan mereka ingin tahu apa kita benar-benar sales yang bisa diandalkan.

Baca Juga Cara Memulai Affiliate Marketing

Awal mula saya membuat website

Untuk memenuhi tuntutan tersebut singkat cerita saya memilih untuk membuat website. Mugkin memang kita bisa menjual beberapa produk tanpa website namun hal ini akan sangat susah bagi kita dikemudian hari karena kita harus terus menerus menawarkan suatu produk ke orang lain, dan ini bukanlah seperti yang saya bayangkan atau impikan.

Impian saya adalah saya bisa mendapat komisi atau pendapatan. Tanpa saya harus terus menerus menawarkan produk tersebut ke ratusan atau bahkan ribuan orang. Semacam passive income, dimana kita tidak perlu bekerja atau bekerja hanya sekali tapi uang dapat mengalir dengan sendirinya.

Namun meskipun saya memutuskan untuk membuat website, muncul banyak masalah dan salah satunya adalah Bagaimana Cara Membuat Website Dengan Mudah. Meskipun pada saat menulis konten ini adalah seorang pelajar Computer Science dan saya mengerti tentang HTML, CSS, JavaScript dan lainnya. Namun tetap saja membuat website dari 0 bukanlah hal yang mudah dan itu memakan waktu yang sangat lama. Apalagi sebagai pelajar saya masih harus membagi waktu untuk mengerjakan PR dan belajar untuk ujian.

 

Kesalahan Terbesar Blogging Pemula

Mengira Memulai Blogging Itu Mudah

Mulailah saya mencoba mencari alternatif lain untuk membuat website. Saat itu tujuan utama saya hanyalah membuat website dimana saya bisa meletakkan link” afiliasi saya. Dan setelah melakukan riset selama beberapa hari saya memutuskan untuk memulai membuat website menggunakan Wix. Kenapa saya memutuskan untuk memulai membuat website dengan wix? Alasan paling utamanya adalah karena kemudahan dan penampilannya yang sangat user friendly alias sangat mudah dipahami oleh pengguna.

Baca Juga 5 Langkah Mudah Memulai Blogging

Ekspektasi

Saya memulai membuat website di Wix tanpa pengetahuan dasar tentang Website Marketing. Saya kira dengan membuat website dan membuat konten atau review tentang produk-produk yang saya mau pasarkan. Dapat membuat website saya dilihat oleh banyak orang. Sehingga kemungkinan orang mau membeli produk yang saya tawarkan kepada mereka akan lebih besar. Namun realita tidaklah seindah ekspektasi.

Realita

Untuk memberi gambaran bahwa membuat website kalian dikenal orang” bukanlah hal yang mudah. Ada sekitar 1.5 Miliar website yang ada di dunia ini. Dan saya dengan bodohnya mengira bahwa menulis konten di website saya akan membuat saya kaya dengan mudah. Masih banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari dan diatur. Mulai dari SEO, Alt Text, membuat judul yang cocok dengan trending keyword dan masih banyak lagi. Saya juga perlu mempelajari cara untuk meningkatkan traffic (pengunjung ke website kita), page view dan lain-lain.

Baca Juga Tips and Trick Meningkatkan Traffic

Tidak Sabar

Singkat cerita, karena ketidak sabaran saya, saya mengalami berbagai macam kesulitan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Misalnya, terburu-buru mempublish website saya meskipun saya belum memiliki pandangan jelas tentang konten apa yang mau saya fokuskan.

Hal ini mengakibatkan saya secara sering menggonta-ganti tampilan website saya dan memakan banyak sekali waktu. Ini adalah Kesalahan Terbesar Blogging Pemula.

Konten Sampah

Konten Sampah Kesalahan Terbesar Blogging Pemula

Kesalahan Terbesar Blogging Pemula lainnya adalah membuat konten sampah. Hal ini juga pernah saya lakukan! Saya dahulu membuat konten blog yang kurang berkualitas (yang penting jadi). Hal ini mempengaruhi SEO saya di google sehingga membuat ranking saya susah untuk naik. Konten yang saya buat pada waktu itu juga sangat random. Tidak terfokuskan bidang apa yang mau dibahas di website saya.

Hal ini mempengaruhi system pencarian google dan membuat google bot susah menditeksi masuk kategori/genre apa website saya. Itu menyebabkan membuat website saya tidak bisa ungul di suatu bidang, dan lebih tepatnya tidak ungul dibidang manapun. Karena google tidak dapat mengerti isi website kita.

Saya melakukan banyak kesalahan sebagai pemula disaat memulai membuat website/blog. Oleh karena itu saya membagikan pengalaman saya agar kalian tidak melakukan Kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan saat memulai blogging. Intinya hanyalah bersabar, dan jujur itu adalah salah satu kelemahan saya.

 

Cara Menghindari Kesalahan Terbesar Blogging Pemula

Memang benar uang itu penting, tetapi biarkan saya memberi tahu kalian sesuatu, blogging itu sulit. Menghasilkan uang dengan blog bahkan lebih sulit. Oh ya, kalian pasti menemukan banyak sekali “cara memulai memulai blog dalam 10 menit”. Atau, “membuat uang blogging” panduan dan e-book. Tetapi kenyataannya adalah bahwa itu tidak sesederhana itu.

Kesalahan Terbesar Blogging Pemula hanya fokus pada uang

Bahkan, ketika kalian memulai, kalian bahkan tidak akan mendapatkan penghasilan atau mendapatkan traffic Sama sekali. (anggap saja kalian beruntung jika berhasil mencapainya dari minggu pertama).

Tentu saja, ada banyak studi kasus pemasaran konten di luar sana di mana blogger berpengalaman berhasil menghasilkan ribuan kunjungan.

Dan mengklaim mereka meraihnya pada bulan yang sama ketika mereka meluncurkan blog baru. Tapi ingat, mereka berpengalaman.

Jika kalian pemula atau memulai blog pertama kalian. Kalian mungkin akan mengalami semua tantangan yang saya hadapi (dan masih dihadapi).

Kalian juga mungkin melakukan Kesalahan Terbesar Blogging Pemula ini. Kecuali jika blog kalian adalah blog multi-penulis dengan blogger berpengalaman.

Namun dari kesalahan kita bisa belajar banyak hal baru. Guru Terbaik Adalah Pengalaman.

Dan hal lainnya adalah tentang masa depan blogging. Blogging tidak akan mati. Tetapi jika kalian meperhatikan salah satu dari yang disebut guru blogger. Maka kalian akan melihat bahwa mereka tidak lagi terfokus tentang pembuatan konten.

90% pembuatan konten dan 10% promosi berhasil di masa lalu (juga berfungsi hari ini). Masalahnya baru-baru ini, telah ditemukan cara lain untuk mencapai kesuksesan hanya dengan 10% pembuatan konten dan 90% promosi.

Itulah sebabnya sebagian besar dari mereka berfokus pada membangun brand dan promosi (content farm).

Saya mengatakan “content farm” karena ada banyak dari mereka yang mengadvokasi untuk blogging profesional. Tetapi apa yang mereka lakukan sebenarnya menjalankan “content farm”. Yaitu, merekrut selusin pembuat konten dan menerbitkan banyak posting blog setiap bulan. Hanya untuk menjaga blog mereka tetap aktif dan tidak harus karena mereka ingin membagikan sesuatu.

Apa yang harus kalian sadari adalah fakta bahwa blogging BUKAN menjadi semacam hal cepat kaya. Bisa jadi hobi, pekerjaan penuh waktu, bisnis, atau apa pun. Bagaimanapun, itu adalah sesuatu yang membutuhkan banyak usaha, kesabaran, dan ketekunan.

Dan blogging tidak semua tentang mendapat uang atau traffic. Ini tentang kalian juga.

Selamat Blogging! 🙂